Aktivis Itu Pilihan

Menjadi seorang aktivis itu pilihan.
Orang aktivis berarti orang yang aktif, bukan pasif
Lohh, kalau orang yang pasif namanya jadi pasifis dong (hemm.. abaikan saja lah)
Ya. Seorang aktivis..
Dua kata berjuta rasa. Kenapa?
Menyandang nama itu memberikan kita suasana yang baru, yang bukan hanya kuliah tapi juga aktif di organisasi. 
 
Organisasi dakwah. Belajar berorganisasi sekaligus berdakwah. Berdakwah dengan cara yang baik, dengan cara yang lembut. Dalam organisasi kita akan banyak bertemu orang baru, seangkatan ataupun beda angkatan dan dengan sikap dan sifat yang beragam. Dalam organisasi ada list program kerja yang akan kita laksanakan selama satu periode kepengurusan. Dalam organisasi, kita juga saling belajar dalam mengatur komunikasi, waktu, organisasi dan diri kita. Tidak ada seseorang yang sempurna, maka dari itu kita disini saling berbagi ilmu, saling belajar , saling mengajarkan dan saling mengamalkan dengan tetap menjaga batasan antara ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan). Dan juga dalam organisasi dakwah tidak hanya belajar ilmu agama saja, disini kita juga belajar ilmu sosial, ilmu psikolog, ilmu akuntan, ilmu desain, dan lainnya lagi. (Loh kok bisa yaa..) Iyaa, bisaaa. 
 
Dalam ilmu sosial, kita harus latihan 3S (Senyum, Salam, Sapa). Kenapa harus senyum, karena senyum itu ibadah dan menjangkitkan rasa bahagia untuk orang-orang di sekitarnya. Kenapa harus salam, karena salam itu adalah sebuah doa, sebaik-baik manusia  adalah yang saling mendoakan temannya. Kenapa harus sapa, gimana kalau dia tidak menghiraukan kita. Etsss.. jangan negative thingking dulu, coba dulu. Kalau sama-sama saling diam, gimana mau bersosial. Kalau nunggu orang yang dulu menyapa kita, sampai kapan mau nunggu, lebih baik kita yang mulai menyapa, karena lebih cepat akan lebih baik. Jangan takut buat mencoba. Di awal memang sulit, tapi kalau sudah terbiasa maka akan berasa ada sesuatu yang kurang, coba dehhh.
 
Kita belajar bersosialisasi dengan teman-teman yang baru kita kenal, bukan hanya berada dilingkaran pertemanan antar program studi atau teman sekelompok ospek aja. Kita seharusnya membuka diri dalam pertemanan baru. Kita berada di lingkungan kampus yang memiliki banyak jurusan atau program studi, di sinilah kesempatan emas buat kita mendapatkan teman-teman baru dari berbagai jurusan dan dari kota yang berbeda-beda. Kita bisa bertukar pikiran, bertukar ilmu ataupun bertukar makanan khas dari daerahnya.
 
Dalam ilmu psikolog, kita belajar menyikapi orang-orang yang beragam sifat dan sikapnya. Dalam ilmu akuntan juga penting, karena setiap kali kita berkegiatan selalu ada menghitung pendanaan, pemasukan dan pengeluarannya, belajar mengestimasi, belajar mengatur keuangan, dll. Dalam ilmu desain, belajar bagaimana mendesain yang menarik dengan software yang ingi dikuasai. Dalam ilmu broadcast, belajar memfoto dan memvideo di posisi yang pas, juga fokus, tidak gambar yang blur. Dalam ilmu jurnalis, belajar bagaimana membuat cerita atau naskah yang menarik, karena ini juga sebagai jalan kita dalam berdakwah.
 
Semuanya itu akan jalan, akan terlaksana jika kita saling bekerja sama dalam manjalankannya. Sebaliknya itu akan hanya menjadi angan semata jika kita saling egois mementingkan kepentingan diri sendiri dengan alasan sibuk. Kita semua aktivis, kita semua sibuk, tapi kita juga harus seimbang antara yang satu dengan yang lainnya. Itulah pentingnya kita beramal jama’i, amal yang dijalankan secara bersama-sama bukan secara individu. Berkaitan juga denga komunikasi, organisasi akan baik jika komunikasi juga berjalan dengan baik, kalau ada masalah atau kendala, coba untuk dikomunikasikan, jangan mencoba untuk saling diam, karena kita tidak bisa mengetahui isi hati dan pikiran orang lain dan sebaliknya orang tidak akan mengerti kita kalau kita tidak cerita kendalanya di mana. Turunkan rasa acuh, ego, pesimis dan lain sebagainya. Dan tumbuhkan rasa empati, peduli, ringan tangan dan hal positif lainnya.
Keep Hamasah Ikhwahfillah ^-^

Ahad, 27 Sya’ban 1439H
Nafeeza Aiyra
#fkiashshirath
#comfortableandcreative

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebongkah Hati Milik Rere

What is your name?